Selasa, 23 September 2008

Lestari Budaya Ala Sabdo Luhur

Indonesia sejak dahulu dikenal dengan keaneka ragaman seni dan budayanya, tatakrama khas timur yang sangat dikagumi didunia. Namun dengan berjalannya waktu dan semakin besarnya gelombang seni dan budaya dari luar yang masuk ke negeri kita ini, sedangkan regenerasi dan pelestarian seni budaya kita yang sangat lemah, sehingga perlahan namun pasti seni budaya kita hilang, bukan karena ditelan masa, tapi karena tidak adanya upaya dari kita sendiri untuk melestarikan dan memperkenalkan pada generasi kita. juga karena diakibatkan kurang perhatian dan lebih mementingkan segi materil/ekonomi sehingga seni budaya kita sangat susah untuk dipertahankan.
Namun walaupun begitu tidak sedikit yang masih mencoba mempertahankan kelangsungan seni budaya kita. Juga yang sangat ironis dengan adanya media/sekolah/Lembaga yang mencoba mengembangkan seni budaya kita justru datang bukan dari bangsa kit sediri, salah satunya Majalah "SWARA BENDHE" terbitan Australia, yang membahas tentang seni budaya indonesia secara menyeluruh, terutama sekali tentang gamelan. bahkan ada di sebuah negara (Bukan Indonesia) sebuah sekolah yang khusus memberikan pelajaran tentang gamelan, lalu coba kita tengok dinegeri asal gamelan itu. coba kita tengok Paguyuban-paguyuban, nasibnya hanya tinggal menunggu waktu. Lalu kita coba lihat di sekolah-sekolah Vokal, sangat jauh berbeda.
Semua terjadi karena kita terlalu mementingkan Materi/Ekonomi/keuntungan, semua diukur berdasar nilai Rupiah.
Coba kita juga tengok Media Massa (Cetak/Elecktonik) yang mereka muat/tayangkan sangat jauh dengan seni dan budaya kita, mungkin hanya 3 s.d 3.5% seni budaya kita hadir disitu, selebihnya seni budaya barat yang lebih punya nilai komersil, bukan nilai membina dan menata budaya bangsa, tapi membrantas budaya kita dan membentuk generasi yang merusak budaya kita sendiri.

Karena itu, saya tergerak untuk medokumentasikan seni budaya Indonesia, sampai saat ni banyak sudah Dokumentasi Seni Budaya Buhun yang saya buat,.bagi yang berminat bisa hubungi saya, semua dalam bentuk VCD

Tidak ada komentar: